Friday, July 18, 2014

PANTUN MELAYU

Bebalas Pantun


Awalnya saya sedang tecongok (duduk) depan laptop. Seperti biasa kalau tak ada yang nak dibuat , apelagi? Online lah ^^
Tetiba telepon genggam berdering lantunan lagu “falling in love” nya J-Rock (na-der sms masuk). Ternyata kakak tingkat di perkuliahan mengirim pesan singkat,

Sebenarnya saya tidak terlalu suka sms-an. Tapi kali ini berbeda. Pesan singkat dari beliau yang biasa saya panggil Kanda Awi sebenarnya sekedar menanyakan hal lumrah. “Sedang Apa?”.
Lalu, apa yang berbeda?

Haaaaa, unik dari pesan singkat Kanda Awi ini disampaikan dalam bentuk pantun ^^.
Wajar saje, karena beliau kacap berpantun dan sangat menguasai bahasa melayu lama. Karena saya juga kuliah di prodi yang sama, maka saya tak mau kalah untuk berpantun.

Akhirnya terjadi jual-beli pantun antara kami.
Beginilah isinya kira-kira -->

Awi:
Pegi mukat due kelam,
Due surut jadi kenangan,
Kami sape selamat malam,
Sedang apekah gerangan?

Saya:
Mukat dikelam jadi kenangan,
Ikan berenang di tepi-tepi,
Kerane pause sedang diliburkan,
Ni lah sedang tecongok depan tipi.

Duduk si sudin depan beranda,
Termenung memikei nasib diri,
Kami balik tanye kakanda,
Ape buat di waktu ni?

Awi:
Lebah begayot membuat sarang,
Membuat sarang sangat rapi,
Kakanda sedang golek gelebang,
Melawan hati nak bebini.

Saya:
Lebah terbang ke hutan sepi,
Sampai di hutan dipatuk burung,
Adooy mak kanda nak bebini?
Apelagi? Nikahlah langsung (Hahahahahaha)

Awi:
Pegi ke darat umah lung isah,
Badan bepeluh kaki pun penat,
Macam mane kanda nak menikah,
Kerane kanda belum besunat. (Wkwkwkwkk)

Saya:
Umah lung isah memang di darat,
Di sebelahnye umah wak yayah,
Alamak ape kesah belum besunat?
Sedang badan dah sebeso gajah (Hahaha)

Awi:
Gajah bukan sebarang gajah,
Gajah berasal dari penyengat,
Memang badan sebeso gajah,
Tapi kanda takut besunat

Saya:
Pegi ke paso membeli sekat,
Sekat dibuat dari kayu lapok,
Kalau kanda tak mau disunat,
Besiap lah jadi bujang lapok (Haaaaaa)

Awi:
Sungguh ranum buah delima,
Condong batangnye harus diikat,
Kalau dah gitu kate dik asma,
Besuk pagi kanda besunat

Saya:
Lung Isah pegi mukat,
Tak lupe die membawa jale,
Kalau besuk jadi besunat,
Jangan lupe buat kenduri yeee, (Hahahehe)

Setelah pesan singkat terakhir saya terkirim, lama saya menunggu jawaban. Pikiran saya ‘agaknye Kanda Awi ni dah kalah ni’ ^^
Kemudian berkisar 10  menit kemudian balasan sms masuk dari kanda Awi.
Kirenye oang tue satu ni tak mampu membalas lagi tesebab nak konsen menonton bola! Nnggg alaaahh! Hahahaha

Awi:
Stop pantun dulu dik. Nak nonton bola.

0 komentar:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates